5 Tips Mudah Melipatgandakan Penghasilan Dari PPC Lokal


Ngeblog-Dapet-Duit

1. Pilihlah PPC Lokal Yang Memberikan Harga Per Klik Tertinggi
Hingga artikel ini ditulis, setidaknya telah ada 10 PPC lokal di Indonesia. Nah, jika Anda ingin melipatgandakan penghasilan dari PPC lokal, cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan HANYA menampilkan iklan PPC lokal yang memberikan harga per klik tertinggi. Ibarat perlombaan lari, dengan menampilkan iklan PPC lokal dengan harga per klik tertinggi, maka sejak awal Anda telah berada selangkah di depan pesaing-pesaing Anda. Saya pribadi memanfaatkan KumpulBlogger dan KlikSaya yang masing-masing memberikan harga minimal per klik sebesar Rp. 400 dan Rp. 350. Tertinggi diantara PPC lokal yang lain.

2. Tampilkan Iklan PPC Lokal Tepat di Bawah Judul Artikel
Kenapa di bawah judul artikel? Karena nyaris semua publisher program PPC (baik lokal maupun asing) telah membuktikan bahwa iklan PPC yang ditampilkan tepat di bawah judul artikel memiliki nilai CTR (Click Through Rate) tertinggi dibanding yang lain. Artinya, iklan di bawah judul artikel memiliki peluang lebih besar untuk mendapat klik dari pengunjung blog. Jadi, jika Anda ingin melipatgandakan penghasilan dari PPC lokal, pastikan bahwa salah satu iklan PPC lokal tersebut berada tepat di bawah judul artikel di blog Anda.

3. Pilihlah Format Iklan Terbesar dan Bukan Iklan Banner
Selain lokasi yang tepat, pilihan format iklan yang tepat juga sangat mempengaruhi besar kecilnya penghasilan dari program PPC. Apa format iklan yang paling tepat? Penelitian resmi yang dilakukan Google (Google Adsense) menunjukkan bahwa format iklan terbesar dan berupa teks (bukan banner) memiliki nilai CTR tertinggi. Artinya, semakin besar ukuran iklan teks yang Anda pilih, semakin besar peluang iklan tersebut mendapatkan klik dari pengunjung blog Anda. Untuk KumpulBlogger, Anda bisa memilih format iklan “JavaScript Horizontal” (baik yang disertai uraian ataupun yang hanya menampilkan judul iklan). Untuk PPC lokal yang lain, Anda bisa memilih format iklan Persegi – 300 x 250 (KlikSaya) atau Medium Rectangle – 300 x 250 (Biindit, Adbide, AdsenseCamp, dan lain-lain).

4. Pilihlah Warna dan Font Iklan Yang Mirip Dengan Warna dan Font Blog Anda
Salah satu tips rahasia optimasi iklan PPC adalah dengan menampilkan iklan sedemikian rupa sehingga terlihat seolah-olah bukan sebagai iklan. Jadi, usahakan agar warna dan font iklan PPC yang Anda tampilkan sama dengan warna dan font huruf di blog Anda. Untuk KumpulBlogger, karena keterbatasan format iklan yang tidak bisa diubah, Anda bisa menyamarkannya dengan menampilkan iklan KumpulBlogger seolah-olah sebagai bagian dari konten utama blog Anda. Untuk PPC lokal yang lain, Anda bisa mengubah warna dan pilihan font sesuai warna dan font huruf blog Anda.

5. Tampilkan Maksimal Hanya 3 Unit Iklan PPC di Setiap Halaman
Pernahkah Anda mengunjungi blog yang nyaris seluruh halamannya dipenuhi iklan PPC? Apa yang Anda rasakan? Sebal? Ya, hal yang sama juga berlaku untuk blog Anda. Jangan memaksakan diri untuk menampilkan terlalu banyak iklan PPC di blog Anda. Hemat saya, 3 unit iklan PPC sudah lebih dari cukup. Yang lebih penting adalah mengatur penempatan ke-3 unit iklan tersebut agar memberikan hasil yang optimal. Penempatan unit iklan bisa mengacu pada diagram yang diberikan oleh salah satu penyelenggara program PPC lokal terpopuler di dunia, Google Adsense. Perhatikan kotak berwarna merah sebagai lokasi penempatan iklan PPC lokal.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s