Mengembalikan data yang hilang terhapus atau terformat


Data saya hilang, Data saya terhapus, Data saya terformat…!! Anda bisa mengembalikan? Sering kita dengar dari seseorang yang sedang kebingungan karena data pentingnya hilang entah kemana. Banyak hal yang bisa menyebabkan kehilangan data, baik itu tidak sengajar terhapus, salah format ataupun karena virus (karena kejadian ini sering terjadi juga pada saya. He2

Jika hal ini terjadi pada anda, hal pertama yang harus anda lakukan adalah jangan panik dulu..!! karena tidak ada yang akan anda dapatkan dari kepanikan tersebut. Hal yang anda harus lakukan adalah membaca dan mempraktekkan tutorial ini sampai selesai. Insyaallah data anda bisa dikembalikan seperti semula (setidaknya sebagian besar).

Serperti biasa saya masih mengandalkan software seperti yang saya lakukan di tulisan ini dan ini. Karena saya bukan hacker atau cracker. Saya hanya newbie yang coba untuk nulis, itu aja. Nah sekarang kita mulai yuk ngembaliin data yang hilang terhapus atau terformat.

  1. Siapkan media penyimpanan / storage yang datanya terhapus atau terformat yang datanya ingin dikembalikan
  2. Download PC Inspektor File Recovery dari sini kebetulan yang saya pakai versi 4.0 (anda tidak usah kawatir software ini free alias Gratis kok) saya menggukan software ini karena kelebihannya yaitu mendukung sistem file FAT 12/16/32 dan NTFS. Feature yang baru diantaranya mencari partisi secara otomatis walau boot sector atau FAT telah dibuang atau rusak, recover file dengan waktu dan tanggal yang asli, mendukung saving dari recovered files dalam network drives dan recover file walau header entry adalah no
  3. Install program tersebut di computer anda dengan menjalankan file setup dari file yang sudah anda download. (gampangnya tinggal tekan Next terus menerus pokoknya jangan tekan tombol Back. Kalo ketemu finish tekan aja. Mudah kan…!!)
  4. Nah, sekarang kita mulai proses recover alias mengembalikan data yang hilang karena terformat tadi.
  • Jalankan PC-inspector kemudian pilih bahasa dan klik tombo centang (V)
  • Pilihlah type recovery sesuai dengan yang dibutuhkan pilih dulu drivenya kemudian klik centangnya
  • Pilih drive yang mau di recover
  • Simpan data yang ingin di kembalikan seperti semula

Simpan data sesuai dengan keinginan anda. SEMOGA MEMBANTU

Kalau belum punya softwarenya silahkan download sendiri disini

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s