Trik Menghadapi Ujian CPNS


Dalam setiap ujian CPNS maupun BUMN akan selalu dihadapkan pada beberapa jenis tes. Setiap tahun meski soal-soalnya dibuat bervariasi, namun sebagai garis besar ada beberapa jenis tes yang diujikan. Berikut ini Anda akan mengenal lebih dekat dengan jenis-jenis materi soal CPNS yang selalu menjadi momok dalam setiap ujian penerimaan CPNS.

A. Tes Kompetensi Standar.
Bagi Anda yang sudah beberapa kali mencoba ujian CPNS, tentu sudah tidak asing dengan tes ini. Setiap departemen/instansi pemerintah akan selalu menggunakan jenis tes ini sebagai saringan standar. Ada beberapa macam ujian yang termasuk Tes Kompetensi Dasar.

1.Tes Pengetahuan Umum (TPU)
Pada tes jenis ini, seluruh pengetahuan Anda mengenai hal-hal umum akan diuji. Hal-hal umum tersebut meliputi pemahaman Anda mengenai kebijakan pemerintah, undang-undang, sejarah hingga perkembangan informasi dan teknologi terkini yang sedang hangat-hangatnya. Kesulitannya adalah Anda perlu butuh waktu yang cukup untuk bisa mempelajari dan mengingat semua hal tersebut.
Beberapa hal yang terkini, seperti perkembangan berita dan teknologi informasi terbaru mungkin masih bisa Anda kuasai. Namun hal yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah, undang-undang dan sejarah cukup menyulitkan, kecuali jika ini menjadi bidang pendidikan Anda.

Trik menghadapinya:
Trik yang bisa Anda gunakan untuk melewati tes ini adalah selalu dengan memulai dari yang mudah dan terbaru. Untuk teknologi dan berita atau issue nasional, Anda dapat merujuk ke surat kabar atau internet. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dan gunakan dalam pembicaraan harian Anda. Dengan diskusi ringan seputar berita nasional akan memudahkan Anda mengingat tanpa perlu menghafalkannya.
Untuk kebijakan pemerintah, memang cukup menantang untuk menghafalnya, ditambah lagi karena Anda tidak pernah menghafalkannya sejak lulus kuliah atau bahkan lulus SMU. Anda bisa memulai mencari bahan-bahan seputar undang-undang, kebijakan pemerintah dan pancasila di toko-toko buku. Anda bisa mulai dengan membahas kebijakan pemerintah terbaru, misalnya seputar kenaikan BBM, otonomi daerah, pembentukan mahkamah konstitusi dan KPK, atau issue-issue terbaru lainnya. Issue mengenai otonomi daerah dan implementasinya selalu menarik pembuat soal CPNS. Demikian pula dengan amandemen UUD 1945, pastikan Anda menghafalkan hal tersebut. Anda juga sangat perlu untuk mengetahui dengan jelas apa yang terjadi pada setiap amandemen, garis besarnya saja, tidak perlu detail, dan pelajari pula mengenai pokok pikiran atau garis besar isi undang-undang dasar. Modal ini akan sangat mempengaruhi pemahaman Anda akan kebijakan pemerintah dan undang-undang lainnya.

2.Tes Bakat Skolastik (TBS)
Psikotes. Mungkin kata itu yang paling dekat artinya di masyarakat kita. Anda juga akan diminta untuk mengerjakan jenis soal ini. Ada beberapa tipe soal yang menjadi primadona dalam setiap tes bakat skolastik.

Deret Angka,
Dalam jenis soal ini, Anda akan diberikan deret beberapa Angka, dan Anda diharuskan untuk menebak dua angka berikutnya.

contoh: 7 8 10 13 ? ?

Dalam soal tersebut, Anda akan faham bahwa setiap angka berikutnya ditambahkan masing-masing 1, 2 dan 3, maka 2 angka selanjutnya pasti ditambahkan dengan 4 dan 5. Sehingga dua angka berikutnya pastilah 17 (13+4) dan 22 (17+5).
mudah bukan?:)

Aritmatika dasar,
Anda akan diuji kembali dasar-dasar aritmatika yang Anda pelajari di tingkat SMU. Soal-soal yang paling banyak keluar seputar luas dan volume bangun ruang, kecepatan, peluang dan penyelesaian persamaan.

Sinonim dan Antonim,
Soal ini cukup mudah, selama perbendaharaan kata yang Anda miliki cukup baik dan banyak. Anda akan banyak menjumpai kata-kata formal yang sering digunakan dalam surat kabar atau artikel ilmiah. Pastikan Anda sering membaca surat kabar atau artikel untuk menambah perbendaharaan kata Anda.

Logika,
Jenis soal ini sangat menarik, namun cukup membuat kita mengernyitkan dahi untuk benar-benar memahami soal tersebut. Soal yang dikeluarkan terkait dengan pemahaman Anda terhadap premis-premis aritmatik.
Misal: Jika A=B dan B>C, maka A>C

Analogi,
Tes yang satu ini benar-benar membuat Anda cerdas membayangkan dan mencari kesamaan suatu hal, untuk menggunakannya pada persamaan lain.
Misal: Laut –> Ikan, maka Langit –> Bintang (terkandung didalamnya)
Tivi –> Antena, maka Ceramah –> Telinga (alat yang digunakan)
Sepakbola –> Supporter, maka Judi –> ??? apa kira-kira?

Trik menghadapinya:
Tidak ada alasan lain, Anda harus sering-sering latihan mengerjakan tes bakat skolastik. Cari buku dan contoh soal sebanyak-banyaknya sehingga Anda dapat melatih mengerjakan soal ini dengan baik dan cepat. Anda harus sangat peduli terhadap jenis tes ini. Tes bakat skolastik atau psikotes inilah yang paling menentukan apakah Anda akan lulus atau tidak dalam ujian CPNS ini. Yakinkanlah diri Anda siap menghadapi tes jenis ini saat ujian tiba. Anda dapat menggunakan kumpulan soal yang dapat Anda download secara gratis di http://infocpnsbumn.blogspot.com/2009/08/download-amunisi-cpns-anda.html

3.Tes Skala Kematangan (TSK)
Ini jenis soal yang sangat mudah. Anda tidak perlu banyak berfikir untuk mengerjakan jenis soal ini. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menjawab dengan jujur pada setiap pertanyaan yang diajukan, karena ujung-ujungnya dari soal ini adalah menguji konsistensi jawaban dan kejujuran Anda. Jangan sekali-kali menjawab yang Anda fikir baik, karena akan banyak jebakan di soal-soal berikutnya yang akan menguji konsistensi jawaban Anda.
Ada dua model soal, pilihan ganda (4 pilihan, yang menurut Anda paling mendekati jiwa Anda) dan (2 pilihan, yang lebih Anda suka)
misal:
Jika Anda mengetahui teman Anda menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi, apa yang akan Anda lakukan. a.membiarkan, b.menegur, c.lapor atasan, d.ikut menggunakan.
Mana yang lebih Anda sukai, membaca buku atau buka facebook? buka facebook atau makan bareng di restoran? membaca buku atau menonton tivi? menonton tivi atau buka facebook?

Begitulah soal kadang diulang, untuk menguji konsistensi Anda. Jadi triknya adalah jujurlah, dan nikmatilah semua pertanyaan, Anda akan mendapati Anda lebih konsisten dibanding membohongi diri Anda sendiri.

B. Tes Substansi Bidang/Instansi
Selain ujian umum sebagaimana yang telah dibahas pada Bagian 1 tulisan ini, Anda juga akan diminta untuk mengerjakan Tes Substansi sesuai Bidang/Instansi yang Anda ingin masuki. Setiap departemen/instansi pemerintah diberikan kebebasan untuk menyusun soal. Pertanyaan yang diberikan akan seputar kebijakan instansi tersebut terhadap kebijakan pemerintah atau kondisi masyarakat, juga pertanyaan seputar instansi tersebut dan posisi yang Anda lamar. Terkait dengan posisi, Anda akan ditanya banyak mengenai pekerjaan-pekerjaan yang biasa dilakukan pada posisi tersebut. Praktis Anda harus punya banyak pengetahuan mengenai instansi yang Anda lamar tersebut.

Trik menghadapinya:
Pastikan Anda tahu instansi dan posisi yang Anda lamar saat ini, karena seluruh perencanaan pembelajaran Anda bermula disini. Jika Anda melamar menjadi pegawai Departemen PU, misalnya, Anda harus mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan konstruksi, pengairan, jalan raya dan lain sebagainya. Jika Anda melamar menjadi Tenaga Teknis di Pemerintahan Daerah, pelajarilah struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi lembaga tersebut. Hal-hal seperti itulah yang perlu Anda siapkan.
Gunakan internet sebagai teman Anda dalam mencari informasi terkait. Anda akan menemukan banyak hal yang terkait dengan kebijakan instansi, hingga tugas pokok dana fungsi instansi tersebut. Bila Anda memiliki teman atau saudara di instansi tersebut, ini akan lebih baik lagi. Karena Anda dapat bertanya kepadanya mengenai tugas-tugas atau hal-hal yang perlu diketahui sebelum ujian tiba.

Hal-hal yang perlu diperhatikan:
1. TOEFL Test
Beberapa departemen bahkan Pemerintah Daerah mensyaratkan skor TOEFL minimal bagi pelamar CPNS di instansi mereka. Bagi Anda yang belum pernah mengikuti tes TOEFL, maka Anda perlu mempersiapkannya segera. Jangan sampai Anda gagal sebelum memulai, hanya karena tidak memiliki skor TOEFL. Anda dapat mempelajari masalah tes TOEFL ini dari buku yang dapat Anda beli di toko-toko buku terdekat di kota Anda. Anda perlu mempersiapkan secara matang hingga dapat skor TOEFL diatas syarat minimal yang ditetapkan instansi yang Anda ingin lamar.

2. Tes Administrasi
Jangan remehkan tes administrasi, ini sangat menentukan apakah Anda dapat mengikuti ujian atau tidak. Jadi sambil mempersiapkan materi ujian, persiapkan secara matang syarat-syarat administrasi yang Anda butuhkan. Perhitungkan waktu pendaftaran yang biasanya mepet, dengan waktu pengurusan Administrasi. Urus yang bisa Anda urus saat ini, biasanya berupa ijazah, transkrip, SKCK dan syarat lain termasuk skor TOEFL bila diperlukan.

3. Tes Wawancara
Satu tahapan lagi, meskipun tidak semua instansi atau departemen melakukannya, yaitu tes wawancara. Tahapan ini biasanya dilakukan setelah Anda lulus seleksi tes tulis. Ada yang melakukannya hanya untuk penempatan posisi Anda, namun sebagian lain benar-benar menggunakan tes wawancara sebagai syarat lulus. Jadi Anda mungkin saja bisa gagal dalam tahap ini.
Yang perlu Anda siapkan awal adalah penampilan Anda. Pakailah pakaian yang sopan, rapi dan menunjukkan keseriusan Anda mengikuti ujian ini. Gunakan bahasa tubuh dan bahasa verbal yang baik. Sopan waktu memasuki ruang wawancara menjadi awal yang baik bagi Anda. Banyak senyum dan mencoba akrab dengan pewawancara menambah poin penilaian Anda, karena ini menunjukkan Anda mudah bergaul dan bisa diajak kerjasama. Perhatikan penuh hal ini.
Selanjutnya pertanyaan yang ditanyakan. Pertanyaan yang diajukan sebagian besar mengenai diri Anda, pengalaman kerja Anda, motivasi Anda ingin melamar di tempat itu, apakah Anda setuju dengan konsekuensi yang akan Anda terima, tugas kerja Anda pada posisi itu nantinya, kompetensi yang Anda miliki terkait posisi yang Anda lamar dan sebagainya.

Trik menghadapinya:
Gunakan pakaian yang baik dan bahasa tubuh yang baik. Ini penting.
Terkait dengan pertanyaan, jawablah semua pertanyaan dengan jujur dan penuh semangat. Jangan ragu-ragu. Tunjukkan bahwa Anda sudah tidak sabar ingin bergabung dengan instansi mereka, dan Anda memang memiliki kompetensi untuk itu.
Sebagai tambahan wawasan Anda, cari informasi sebanyak-banyaknya terkait instansi dan posisi yang Anda lamar, ini sangat penting sehingga wawancara Anda akan nyambung dengan pewawancara. Banyak senyum, menunjukkan semangat dan keingintahuan yang besar akan sangat mempengaruhi hasil wawancara Anda.

Demikian beberapa catatan yang perlu Anda fahami seputar tes CPNS. Semoga Anda dapat berhasil pada peluang CPNS yang akan datang. Selamat berjuang!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s